23 Agustus 2016

PaperCraft - Miniatur Pesawat Terbang Dari Kertas



Sudahkah anda lihat gambar dibawah ini? Apakah anda tahu terbuat dari apakah miniatur pesawat Air Tahiti tersebut? Jika anda menebaknya adalah terbuat dari plastik maka anda salah. Miniatur pesawat Air Tahiti tersebut adalah sebuah karya dari kertas atau disebut papercraft.
Pasti anda bertanya-tanya bagaimana cara membuatnya, bagaimana sebuah kertas dibuat miniatur pesawat terbang yang begitu bagusnya. Pada sesi kali ini kita akan belajar membuat miniatur pesawat terbang Air Tahiti dengan menggunakan kertas. Lalu apa saja yang harus disediakan untuk membuatnya? Mari kita ikuti langkah-langkah membuatnya dari NobiCraft.

Alat dan bahan :
1. Kertas A4 secukupnya
2. Silet
3. Lem kertas yang bagus
4. Gunting
5. Penggaris
6. Bolpoin 
7. Antusias dan kreativitas

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, gunakan alat dan bahan yang bagus dan ketelitian yang tinggi karena hasilnya tergantung pada itu. Oke mari kita buat miniatur pesawat Air Tahiti  dengan mengikuti langkah-langkah berikut ini.

1. Download file yang berisi daftar gambar miniatur Pesawat Tahiti Air berupa file PDF disini, lalu Print pada kertas A4. Usahakan dengan kualitas printer yang bagus atau lewat percetakan. Dibawah ini adalah contoh hasil print A4 di kertas. 
2. Dengan gunting dan silet, potonglah mengikuti jalur sesuai pada gambar. Lalu ikuti instruksi yang tertera pada file instruksi.
3. Download file instruksi cara menggabungkan pesawat disini. Print juga file ini untuk memudahkan dalam pengerjaan, atau bisa dilihat langsung lewat laptop. Contoh gambar instruksi pemasangan adalah :
 
4. Ikuti instruksi yang tertera pada file instruksi berupa instruksi bagaimana cara memasangnya, bagian mana saja yang harus di lem dan bagian mana saja yang harus dilipat. 
Keterangan :
Mountain Fold Line = Lipat seperti membuat gunung 
Valley fold Line        = Lipat seperti membuat lembah
Cut Off                       = Gunting
Assembly in the direction indicated by arrow = Pertemukan pada arah yang ditunjukkan oleh anak panah.

Lalu instruksi lemnya :
Keterangan :
  Glue to the front of the other part : Lem ke depan bagian lain
  Glue to the rear of the other part  : lem ke belakang bagian lain
Glue within the same part                : lem dalam bagian yang sama
 Glue the rear of this part                  : lem bagian belakang bagian ini
5. Setelah digunting, lem dan lipat sesuai dengan instruksi yang tertera di dalam file instruksi. Gabungkan tiap bagian sesuai dengan instruksi yang sudah tertera dengan jelas tersebut.
6. Saran pada saat pengeleman dan penggabungan juga pelipatan, usahakan sangat hati-hati karena sedikit saja salah lipat atau salah lem maka akan susah dikembalikan seperti semula dan jika kotor akan susah dibersihkan. Jadi ketelitian akan sangat dibutuhkan disini. 
7. Setelah semua bagian digabungkan, maka jadilah pesawat Tahiti Air yang keren dan bagus itu
Taraaa... Jadilah Pesawat Tahiti Air yang keren. Demikianlah cara untuk membuat miniatur pesawat, ingat kreatifitas itu bisa diasah, jadi jangan mudah menyerah yaa... Selamat Mencoba

Tidak ada komentar:

Posting Komentar