9 November 2016

Kamu Perlu 14 Cara Ini Supaya Karir Tak Mengganggu Kemesraanmu Sebagai Pengantin Baru

Buat kamu para pengantin baru, pasti sedang asyik-asyiknya membangun rumah tangga yang bahagia. Namun di sisi lain, kamu juga harus bekerja untuk memenuhi kebutuhan rumah tanggamu yang masih baru ini. Lah terus, bagaimana ya menyeimbangkan kehidupan pengantin baru dan karir penunjang keluarga ini? Bisa kok, tapi dengan cara berikut ini yaa.

1. Terapkan jam kerja yang efektif.

jam kerja
Coba atur jadwal kerjamu. Jadi misalnya nih, atur waktu dari masuk hingga pulang kerja. Di jam-jam itu, yang kamu lakukan hanyalah efektif bekerja. Hal ini supaya ketika pulang nanti, kamu sudah tidak terbebani dan dapat menikmati masa-masa pengantin baru.

2. Supaya nggak salah paham, jelaskan bagaimana pekerjaanmu itu.

jelaskan
Supaya si suami atau istri nggak salah paham dengan alasan kenapa kamu nggak mau diganggu saat jam kerja, jelaskan dulu alasannya. Hal ini mencegah supaya dia tidak berpikiran yang aneh-aneh dan bisa tenang sampai jam pulang kerja nanti.

3. Coba perhatikan, hal-hal apa yang mengganggu konsentrasimu.

distraksi
Di kalau kamu ingin konsentrasi supaya bisa pulang cepat, eh ternyata saat pulang nggak sampai semua target pekerjaanmu, sebel bukan. Nah untuk masalah ini, coba lihat-lihat dulu. Kira-kira hal apa yang membuatmu lost focus pada pekerjaanmu dan menjadikan kamu gagal menyelesaikan semua tugasmu. Begitu kamu tahu alasannya, kamu bisa deh kerja tanpa terganggu.

4. Cek terus jadwal dan prioritasmu.

jadwal
Jangan campurkan prioritas kehidupan rumah tangga barumu dengan prioritas pekerjaan. Pisahkan dan atur kira-kira hal mana yang harus didahulukan. Dengan begitu, kamu bisa membedakan mana saatnya merasakan kehidupan pengantin baru dan mana saatnya bekerja.

5. Tulis jadwalmu di notebook atau di reminder.

notebook
Supaya tidak lupa, selalu tulis jadwalmu di notebook atau gadget yang biasa kamu bawa. Beri pengingat di masing-masing jadwal. Hal ini perlu dilakukan supaya kamu tidak off-schedule dan bisa tetap tertata hingga saat pulang nanti.

6. Buat perbedaan mana waktu bekerja dan mana waktu keluarga.

seimbang
Banyak orang mengatakan, kalau kamu perlu menghabiskan waktu bersama keluarga setiap supaya rumah tanggamu itu harmonis. Namun waktu ini tidak perlu dilakukan lama-lama bukan? Kamu bisa mengatur seperti ini, saat hari aktif bekerja, waktu bersama keluarga baru mulai dari makan malam. Sedangkan di weekend, kamu benar-benar total bersama keluarga dan tidak menyentuh pekerjaan. Cara ini juga efektif membuatmu tidak mudah bosan bekerja lho!

7. Rencanakan waktu untuk menikmati kehidupan pengantin barumu itu.

waktu
Sehubungan dengan tips nomor enam, hal ini bisa kamu lakukan setiap weekend lho. Asal kamu bisa memastikan kalau pekerjaanmu sudah selesai semua. Dengan begitu, kamu bisa menjaga keromantisan rumah tangga barumu tanpa terganggu oleh pekerjaan satu kalipun.

8. Jika memang membutuhkan bantuan, izinkan keluargamu untuk membantumu.

bantuan
Ketika kerjaan menumpuk, kamu diizinkan kok untuk meminta bantuan dari keluargamu. Misalnya nih, suami atau istrimu yang akan menolongmu membersihkan rumah mungil kalian berdua. Di sisi lain, kamu juga harus mengucapkan terima kasih atas bantuan mereka.

9. Atau kalau suami atau istrimu mau komplain, dengarkan komplain itu.

komplain
Ingat, rumah tanggamu itu dibangun atas dasar kamu dan pasanganmu saling berbagi pendapat. Kalau pasanganmu komplain karena kamu terlalu sibuk bekerja dan tidak memedulikannya, dengarkanlah komplain itu. Jangan menolak komplain dari mereka, karena itu menunjukkan kalau kamu sudah mulai mengembangkan sifat egois dalam rumah tanggamu yang masih seumur jagung itu.

10. Diskusikan dengan pasanganmu, bagaimana enaknya mengatur jadwal kalian berdua.

berdiskusi
Memang repot kalau kamu mau membangun rumah tangga bahagia dan karir yang sukses. Pasti ada salah satu yang dikorbankan. Jika tidak ingin, sering-seringlah berdiskusi dengan pasanganmu tentang pekerjaanmu, pekerjaan dia dan perasaan kalian berdua. Dengan saling mengerti, dijamin deh permasalahan di antara kalian menipis dan karir bagus juga akan datang.

11. Berhemat! Batasi penggunaan elektronik di rumahmu.

penggunaan elektronik
Salah satu cara supaya kamu dapat terus menabung uang untuk masa depan keluarga kecilmu adalah dengan berhemat. Nah, salah satu yang bisa dihemat di rumahmu adalah penggunaan elektronik. Jika kamu dan pasanganmu itu sama-sama berkarir, mungkin kamu bisa mematikan beberapa peralatan elektronik di rumah supaya biayanya tidak membengkak di akhir bulan.

12. Buat goals dalam pekerjaanmu itu sejajar dengan goals dalam keluargamu.

goals
Misalnya nih, kamu ingin sebagian uang gajimu untuk jalan-jalan. Di sisi lain, kamu ingin memberikan suami atau istrimu liburan terbaik yang pernah mereka rasakan. Jadikan goals ini menjadi satu, sehingga kamu bisa memotivasi dirimu untuk melaksanakan goals tersebut.

13. Setelah tercapai, beri reward untuk dirimu sendiri.

reward
Beri dirimu motivasi pribadi setelah kamu berhasil mencapai apa yang menjadi goals-mu. Hal ini dapat mengingatkanmu bahwa tidak semuanya bisa kamu dapatkan dengan mudah. Reward untuk dirimu tidak harus barang mahal, tapi bisa dengan jadi punya me-time yang benar-benar enak atau membeli buku yang menarik untuk dibaca sendiri.

14. Take your time.

learning
Bingung karena sulit untuk menyeimbangkannya? Jangan khawatir, kamu tidak sendirian kok merasakan hal itu. Memang sulit untuk menyeimbangkan karir yang bagus tanpa mengganggu quality time-mu sebagai pengantin baru. Karena itu, jangan terlalu cepat untuk belajar. Take your time, biasakan dirimu untuk mempelajari sistem waktu yang baru ini. Kalau katanya orang Jawa, "alon-alon asal kelakon."
Siap menyeimbangkan karir dan kehidupan pengantin barumu?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar