9 November 2016

Pertemuan Jokowi di Amerika Serikat Atas Undangan Obama Bukan Hasil Lobi

Isu penggunaan lobbyist dalam kunjungan kenegaraan Jokowi ke Amerika beberapa mingu yang lalu semakin sering terdengar. Dilansir CNNIndonesia.com, Menteri Luar Negeri, Retno Marsudi menjelaskan dalam kunjungan Jokowi kemarin tidak menggunakan lobbyist atau membayar pelobi dalam rangka persiapan kunjungan kerja Jojowi ke Amerika Serikat. 
ame1.jpgSumber Gambar: liputan6.com
Retno menambahkan semua agenda perjalanan Jokowi di Amerika Serikat diatur oleh pejabat dan menteri terkait antara pemerintah Amerika Serikat dengan pemerintah Indonesia. Dari pihak Kementerian Luar Negeri juga telah memimpin rapat kordinasi dengan kementerian dan lembaga setempat setidaknya sepuluh kali rapat. Rapat tersebut membahas mengenai koordinasi terkait persiaan kerja sama dengan pihak Amerika Serikat dan pembuatan nota. 
ame3.jpgSumber Gambar: tmpo.co
Koordinasi yang dilakukan Kemlu diantaranya koordinasi dengn Kementerian Perdagangan, Kementerian Pertahanan dan Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM). Pmebicaan awal kunjungan Jokowi ke Amerika Serikat sudah dibahas saat pertemuan tingkat tinggi APEC di Beijing pada akhir 2014.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar